twitter rss

Belajar e-Commerce n e-Business


Selamat siang Gan,, gimana kabarnya nih?? semoga selalu dalam lindunganNya...
Disiang yang panas sekaligus mendung di hari ini, saya mau sedikit berbagi informasi dan juga pengalaman baru saya di dunia bisnis.
Akhir-akhir ini sekitar bulan April kemarin saya mulai menggeluti sebuah bisnis khusunya dunia perdagangan, disini saya bergerak di bidang konveksi. Yang membuat beda adalah bisnis ini saya jalankan secara online di internet, yang biasa disebut dengan e-commerce, dimana hal tersebut merupakan bagian dari e-business. Tentu pada saat ini orang sudah tidak asing lagi dengan kedua istilah tersebut, internet sendiri sudah menjadi bagian dari hidup manusia yang tidak terpisahkan. Segala macam informasi bisa kita dapatkan melalui internet. Bahkan sekarang berbelanja pun tidak perlu datang ke pasar atau toko, tapi cukup dengan click atau enter maka barang yang kita inginkan sudah bisa kita dapatkan.
AREMArchandise adalah bisnis yang saya geluti saat ini, berawal dari sebuah penawaran kerjasama untuk menjual atribut dan merchandise dari klub sepak bola AREMA INDONESIA. Dimana kondisi pasar saat ini sedang baik, yaitu kondisi sepak bola di Indonesia yang lagi baik dan juga kondisi AREMA yang perfomanya sedang in. Semua hal tersebut merupakan sebuah peluang yang besar bagi kita untuk bisa memanfaatkan kondisi pasar. Dengan semakin tingginya loyalitas AREMANIA dan AREMANITA (sebutan untuk suporter AREMA, red.) terhadap klub kebanggaannya tersebut maka mereka akan berlomba-lomba untuk menunjukkan rasa loyalitas tersebut dengan menggaunakan atribut-atribut dan merchandise sebagai identitas mereka.

Pasar yang besar ini juga telah menciptakan berbagai lapangan kerja baru, khususnya pihak-pihak yang menjual atribut dan merchandise AREMA seperti saya. Tetapi saat ini saya melakukan diferensiasi pada proses pemasarannya, dimana produk tersebut tidak saya jual langsung kepada customer di pasar atau toko, tetapi produk ini saya pasarkan melalui internet. Hal ini saya lakukan karena saya yakin banyak para AREMANIA dan AREMANITA yang berada diluar kota Malang, sehingga mereka kesulitan untuk mendapatkan produk tersebut di daerah domisili mereka masing-masing. Selain itu relatif masih sangat minim pemasar yang bergerak di dunia maya, sehingga ini menjadi sebuah peluang besar untuk saya bisa berkembang lebih maksimal.

Hal ini terbukti setelah 1 bulan saya launching AREMArchandise, ada yang meresponnya dnegan positif. Beberapa pesanan dari Jogja, Purwokerto, dan Bandung pun masuk melalui sms di HP saya. Tentu hal ini membuat saya sangat gembira karena sebenarnya saya sendiri sudah merasa pesimis dengan bisnis ini. Ya walaupun jumlah pesanannya juga tidak banyak, tapi hal ini cukup membuktikan bahwa ada pihak-pihak yang memanfaatkan fasilitas yang telah saya buat tersebut.

Alasa-alasan saya untuk lebih memilih internet sebagai media pemasaran diantaranya :
1. Tidak harus memiliki toko untuk berjualan, sehingga biaya lebih murah
2. Tidak harus memiliki stok produk yang banyak, sehingga cukup membeli sejumlah produk yang dibutuhkan saja.
3. Biaya promosi relatif rendah, cukup menggunakan sarana blog gratis sebagai tokonya, promosi di jejaring sosial seperti facebook, twitter, plurk, friendster, dan sebagainya yang kesemuanya adalah gratis atau  jualan di forum jual beli yang ada.

Tapi dibalik semua kemudahan yang ada tentu ada resiko yang menghadang, seperti penipuan. Oleh karena itu, yang menjadi kunci utama di e-busines dan e-commerce adalah adanya TRUST atau kepercayaan dari seluruh pihak serta kejujuran produsen.


Nah, sebenarnya banyak sekali peluang dan kesempatan yang bisa kita raih dan manfaatkan, apalagi bagi teman-teman yang masih berstatus mahasiswa seperti saya. Dengan modal yang relatif kecil, media promosi yang mudah dan memanfaatkan pasar, maka segala kemungkinan terbaik bisa kita dapatkan. Oleh karena itu kita selalu optimis dan berusaha dengan maksimal untuk bisa selalu berprestasi.
Ayo Wirausaha Muda, kalian pasti bisa...!!!
  1. mantab, semangat...sayang stokist nya ga mantab. barangnya ngga ready stock...

    kepikiran nyari stokist lain ga??

  1. sama2 mbah,,.

    waduh,,untuk sementara a pke yg ini aja mbah,,modal minim nih,,,he...

  1. berkunjuuung... ^______^ engga ngerti bisnis elok mah..

  1. @elok: terima kasih atas kunjungannya...
    klo gak ngerti mungkin klo dikerjakan malah lebih mudah... :)

  1. nice share juragan...salam kenal dari ane yang newbie soal ecommerce :)

  1. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

    kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update! mobil keren

Posting Komentar